Psikologi
berasal dari bahasa Yunani, “Psyche” yang berarti jiwa dan “Logos” yang berarti
studi atau kajian penelitian. Dalam KBBI psikologi adalah ilmu yang berkaitan
dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada
perilaku.
Di dunia pendidikan, psikologi
sangatlah penting. Harus mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik dan
benar. Apalagi jika dalam lingkup sekolah dasar atau SD. Setiap proses
pembelajaran sangatlah dipandang penting. Bagaimana tidak, yang mereka hadapi
saat itu ialah seorang anak SD yang baru masuk sekolah. Karakter mereka pun
tentu berbeda.
Hal
ini dipengaruhi oleh pertumbuhan dan perkembangan seorang anak yang ia dapati
dari lingkungan sekitarnya. Tentu pendidikan akan cepat tersampaikan bagi
seorang anak yang mendapat dukungan dari keluarga, kerabat, dan lingkungannya.
Untuk
seorang tenaga pendidik, wajib memahami setiap karakter peserta didik dan cara
untuk mengatasi permasalahan pendidikan seperti ada anak yang memiliki motivasi
belajar yang tinggi ada pula yang rendah, ada yang terpaksa belajar ada pula
yang semangat belajar. Fakta tersebut seing dijumpai pada tingkat pendidikan
dasar, menengah, bahkan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, psikologi
pendidikan menekankan penelitiannya atau sasarannya pada peserta didik sebagai
manusia yang belajar dan orangtua, kerabat, keluarga, dan guru sebagai pihak
untuk membantu siswa dalam hal pembelajaran.
Sementara
itu pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau
kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan
pelatihan. Proses belajar ialah suatu proses atau cara untuk mendapatkan dan meningkatkan suatu kepribadian, kreativitas,
nilai-nilai baru, kecakapan baru sehingga ia bisa berpikir dan beusaha untuk
mengubah keadaan hidupnya menjadi lebih sukses dan lebih baik.
Maka
dapat disimpulkan bahwa psikologi pendidikan erat kaitannya dengan pengkajian
atau studi tentang proses belajar manusia yang terjadin di lingkungan
pendidikan yang mencakup efektivitas pendidikan, psikologi pembelajaran, dan
psikologi persekolahan yang mengatur dan menata suatu struktur organisasi. Psikologi
pendidikan merupakan ilmu yang bersifat interdisiplin karena mempunyai
teori-teori dalam ilmu lain seperti ilmu biologi, syaraf, bahasa, dll.
Maka
dapat disimpulkan peranan psikologi pendidikan yaitu:
1.
Berperan dalam
mempersiapkan para calon guru yang professional dan berkompetensi dalam belajar
dan mengajar.
2.
Mempengaruhi
perkembangan, perbaikan, dan penyempurnaan kurikulum sekolah sesuai dengan
tuntutan perkembangan pendidikan sebagai pedoman untuk para guru dalam
membimbing proses belajar para peserta didik.
3.
Dapat
mempengaruhi ide, pelaksanaan administratif, dan supervisi pendidikan yang
dilaksanakan oleh pimpinan dan pemilik sekolah.
4.
Mencoba
mengarahkan guru dan calon guru untuk tahu mengapa suatu hal itu terjadi,
bagaimana solusinya, juga mengetahui aktivitas-aktivitas yang di anggap penting
bagi pendidikan.
5.
Membekali
pengetahuan dan pemahaman kepada para pendidik tentang aktivitas umum perilaku
peserta didik dalam proses pendidikan.
6.
Membentuk
pendidik yang kreatif, memiliki raasa ingin tahu yang kuat tentang bagaimana
dan mengapa peserta didik serta memahami perubahan kondisi yang memungkinkan
belajar lebih efektif.
Secara umum batasan pokok bahasan psikologi
pendidikan dibatasi atas tiga macam :
1.
Mengenai
belajar, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip dan ciri khas perilaku
belajar peserta didik.
2.
Mengenai proses
belajar, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan
belajar peserta didik.
3.
Mengenai situasi
belajar, yakni suasana dan keadaan lingkungan baik bersifat fisik maupun non
fisik yang berhubungan dengan kegiatan belajar peserta didik.
Dalam proses belajar
mengajar dapat dikatakan bahwa permasalahan psikologi pendidikan terletak pada
anak didik. Namun hal ini bukan berarti mengabaikan seorang pendidik. Sebagai
seorang pendidik tentunya telah mengetahui cara ataupun proses pembelajaran
yang matang sebagai suatu kebutuhan mengajar.
Guru dalam menjalankan
tugasnya dituntut untuk memahami berbagai aspek dalam dirinya sendiri dan
orang-orang yang terkait dengan tugasnya. Sehingga dapat menjalankan tugas dan
peranannya dengan baik dan tercapainya kontribusi nyata bagi pencapain tujuan
pendidikan di sekolah.
Dengan memahami
psikologi pendidikan, seorang guru melalui pertimbangan psikologinya diharapkan
agar dapat:
1.
Merumuskan
tujuan pembelajaran secara tepat.
2.
Memilih strategi
atau metode pembelajaran yang sesuai.
3.
Memberikan
bimbingan dan konseling.
4.
Memfasilitasi
dan memotivasi belajar peserta didik.
5.
Menciptakan
iklim belajar yang kondusif.
6.
Berinteraksi
secara tepat dengan siswanya.
7.
Menilai hasil
pembelajaran yang adil.
Pada dasarnya orang
mempelajari psikolgi untuk menjadikan manusia agar hidupnya lebih baik dan
bahagia. Karena untuk saat ini psikologi mencakup berbagai aspek dalam
kehidupan manusia. Banyaknya persoalan yang terjadi dapat dibantu dan
diselesaikan oleh psikologi. Sebetulnya setiap orang dewasa telah mengetahui
dan mempelajari psikologi meskipun belum secara sistematis. Mempelajari
psikologi bukanlah hal yang baru lagi. Semua pengertian yang diajarkan oleh
psikologi telah dirasakan manfaatnya oleh banyak orang.
Pengetahuan
mengenai psikologi pendidikan mempunyai beberapa manfaat, yaitu:
1.
Pendidik dapat memberikan layanan dan bantuan
kepada peserta didik.
2.
Pendidik dapat
mengantisipasi kemungkinan timbulnya kesulitan belajar peserta tertentu.
3.
Dapat mempertimbangkan
waktu yang tepat dalam memulai aktivitas proses belajar mengajar bidang studi
tertentu.
4.
Pendidik dapat
menemukan dan menetapkan tujuan pengajaran sesuai dengan kemampuan psikologisnya.
5.
Mampu memecahkan
permasalahan siswa dalam belajar.
6.
Memudahkan
penerapan pengetahuan, pendekatan, dan komunikasi kepada peserta didik.
7.
Membantu
menciptakan suasana efektif dan edukatif.
8.
Dapat menyusun
program pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik.
9.
Dapat memilih
metode pembelajaran dan pengajaran yang tepat untuk digunakan.
DAFTAR PUSTAKA
Surna, I Nyoman dan Pandeirot, Olga D. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta:
Penerbit Erlangga. h. 2-3.
Fauzi, Ahmad. 2004. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Luciarahaded. 2016. Peranan Psikologi dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: Universitas
Negeri Jakarta.
Lucky Creek Casino and Hotel - JTHub
BalasHapusLocated just 30 minutes from 계룡 출장마사지 Houston's bustling downtown 고양 출장마사지 area, Lucky Creek Casino and Hotel has everything you need to relax, and take a 나주 출장안마 trip 경상남도 출장샵 back in time 광양 출장안마 with the Lucky Creek